Rabu, 14 November 2012

Tugas Individu Sehubungan dengan Alasan Mengapa Mahasiswa Tidak Memberikan Komentar

        Pertanyaan yang diajukan kepada kami adalah : mengapa mahasiswa fakultas psikologiyang mengikuti mata kuliah psikologi belajar  sebagian besar tidak memberikan komentar sehubungan dengan tugas indivdu yang akan diberikan?

        Menurut saya hal ini terjadi dikarenakan kurangnya komunikasi antar mahasiswa  khususnya komting matakuliah psikologi belajar dan kurangnya kesadaran mahasiswa terhadap sesuatu yang terjadi di sekitar kita. Selain itu, postingan tersebut ada disaat ujian tengah semester berlangsung yang membuat sebagianbesar mahasiswa tidak terlalu fokus untuk update pada grup psikologi belajar. Sehubungan dengan itu, maka saya akan mengaitkannya dengan teori belajar dari tokoh piaget, gagne, dan bandura.

       Menurut Gagne "keterampilan, apresiasi, dan penalaran manusia  dengan semua variasinya,dan juga harapan, aspirasi, sikap, dan nilai-nilai manusia, umumnya diakui bahwa perkembangannya sebagian besar bergantung pada peristiwa yang disebut dengan belajar." Gagne juga menjelaskan mengenai komponen esensial dalam belajar dan pembelajaran yang mencakup kondisi belajar internal dan proses kognitif yang berintraksi dengan kondisi belajar eksternal yang berupa stimuli dari linkungan dan akan menghasilkan pembelajaran mengenai informasi verbal, keterampilan intelektual, keterampilan motorik, sikap, dan strategi kognitif
     Perilaku yang ditunjukkan oleh mahasiswa yang sebagian besar tidak memberikan respon sehubungan dengan tugas individu yang akan diberikan terjadi karena kurangnya kesadaran akan postingan tersebut (kondisi belajar internal) yang berinteraksi dengan perilaku oleh teman - teman yang juga tidak memperdulikannya dan tidak adanya himbauan dari komting untuk dapat memberikan komentar di grup (kondisi belajar eksternal) yang akan memberikan hasil belajar berupa kesadaran akan perilaku yang salah dan kesadran akan kurangnya komunikasi antar mahasiswa.

    Menurut Bandura "fungsi utama dari pikiran adalah memungkinkan orang untuk memprediksi kejadian dan mengembangkan cara untuk mengontrol (kejadian) yang mempengaruhi hidup mereka." Definisi pemelajaran observasional dalam teori sosial kognitif didasarkan kepada kelemahan yang teridentifikasikan dalam pandangan senelumnya akan pemelajaran imitatif. Bandura memberikan 3 efek dari akibat model yaitu,  berfungsi sebagai petunjuk untuk meniru perilaku orang lain, memperkuat atau melemahkan sikap menahan diri untuk melakukan tindakan tertentu, dan menunjukkan pola perilaku baru.

     Perilaku yang mahasiswa lakukan juga dapat dikarenakan adanya perilaku imitasi ya
ng dilakukannya terhadap teman lain dan juga komting kelas yang juga tidak memberikan komentar di grup tesebut. Selain itu, perilaku tidak memberikan komentar juga tergantung dari ada atau tidaknya hukuman yang diberikan oleh dosen terhadap perilaku tersebut

     Menurut Piaget "untuk memahami gagasan tentang belajar yang memadai, kita pertma-tama harus menjelaskab bagaiman individu bisa mengkonstruksi dan menciptakan, bukan hanya bagaiman dia mengulangi dan meniru." Berdasarkan proses penalaran yang dikatakan Piaget, periode operasional formal (di atas 14 tahun) ditunjukkan dengan kapabilitas untuk secara logis menangani situasi multifaktor mulai muncul. Individu dapat mendeduksi berbagai kemungkinan dan secara sistmatis mengesampingkannya. Penalaran bergerak dari situasi hipotesis ke konkrit.

     Berdasarkan penjelasan tersebut, mahasiswa kurang mampu untk menangani situasi multifaktor dalm hal ini ujian dan update terhadap informasi yang ada. Padahal dari segi usia, para mahasiswa sudah pada periode operasional formal.



SUMBER : Gadler, Margareth. "learning and instruction : teori aplikasi." 2011. eidis keena,. Jakarta : Kencana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

..