Senin, 14 Maret 2011

Kognisi dan Motivasi

pada perkuliahan kemarin, kami membahas tentang kognisi dan motivasi menggunakan 2 komponen johari windows yaitu saya dan orang lain. selain itu kami juga diberi tugas oleh bu Dina untuk menilai tentang diri dari masing-masing teman kelompok. Secara bergantian kami disuruh menyebutkan kekurangan dan kelebihan darin masing-masing teman kelompok kami. setelah itu kami disuruh bu Dina untuk mengetahui kognisi dan motivasi.

proses kognisi ialah perubahan pikiran, kecerdasan, dan bahasa. sedangkan motivasi ialah suatu kondisi internal yang mendorong dan menggerakkan sesuatu seperti berprilaku dan berpikir.
Setelah perkuliahan kemarin, saya menjadi tahu bahwa setiap orang memiliki motivasi dan proses kognisi yang berbeda-beda. Ada orang yang menggunakan proses kognisi dari teori piaget dan ada juga yang menggunakan proses kognisi menurut teori vygotsky.

Begitu juga dengan motivasi. Ada yang menggunakan perspektif behavioral, perspektif humanistik, perspektif kognitif, ataupun perspektif sosial. Tidak semua orang menggunakan kesemua dari proses kognisi dan perspektif ini. Bisa saja orang tersebut hanya menggunakan salah satu dari kesemua ini.

sumber :
Santrock, J.W. 2010. Psikologi Pendidikan (Edisi Kedua Cetakan ke-3). Jakarta: Prenada Media Group

Lahey,Benjamin B. 2007. Psychology an introduction. New York: The McGraw Hill Companies, Inc.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

..