Rabu, 12 September 2012

Tugas Analisis 1 Individu

Pengalaman :

Pada saat saya bersekolah dasar tepatnya saat saya duduk dibangku kelas 4SD, ibu saya hampir setiap malam menyuruh saya untuk membaca buku pelajaran yang akan dibahas pada esok hari disekolah. Ibu saya akan memberikan saya waktubuntuk mempelajari buku dadalam n setelah itu dia akan memberikan beberapa pertanyaan ataupun soalbyang harus saya kerjakan saat itu juga. Tapi jika saya tidak mampu menjawab pertanyaan yang diberikannya, maka ia akan mencubit saya. Tapi jika saya berhasil menjawab maka ia dengan senang hati memberikan makanan atau jajanan kesukaan saya. Hampir setiap malam metode ini dilakukan. Tapi pad saat saya dudukdibangku SMP, semua sistem atau metode yang diberikan tidak lagi digunakan dan lama-kelamaan saya pun tidak lagi berminat untuk belajar setiap harinya seperti yang biasa saya lakukam saat ibu saya memberikan metode trsebut.

Pembahasan  :

Dalam teori Skinner, outcome yang dihasilkan oleh suatu respon adalah peristiwa yang mengubah perilaku. Perilaku yang dilakukan secara umum merupakan perilaku yang tejadi setelah adnya penguatan. Penguatan menurut Skinner terdiri dari tiga tipe : primer, dikondisikan, dan digeneralisasikan. berdasarkan pengalaman yang ada, tenyata ibu saya memberikan tipe penguatan yaitu tipe dikondisikan dimana saat ibu saya memberikan ini, saya jadi menunjukkan perilaku yang diharapkan. Dan menurut saya it merupakan metode pengajaran yang tepat untuk saya pada saat itu. Karena hasil yang saya berikan sangat positif saat ibu saya menggunakan metode belajar ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

..