Selasa, 09 Oktober 2012

Pengalaman Pribadi yang Dihubungkan dengan Teori Skinner

       Saat saya berulang tahun ke 15, orangtua saya menghadiahkan saya sebuah gadget yang saya inginkan pada saat itu. Gadget tersebut membuat saya bahagia dan sangat senang pada saat itu, lalu saya pun langsung menggunakannya dengan senang hati karena itu adalah kado yang paling indah pada saat itu. Saya selalu menggunakan gadget tersebut dan selalu menghabiskan waktu dengan barang tersebut. Sampai apapun yang diperintahkan oleh orangtua saya itu saya abaikan karena saya sibuk sendiri dengan barang tersebut. 
       Hingga suatu hari orangtua saya marah kepada saya karena saat mereka meyuruh saya untuk melakukan sesuatu, saya tidak melakukannya dengan segera. Mereka pun melihat bahwa ternyata saya menjadi malas belajar dan selalu menghabiskan waktu dikamar dengan barang tersebut. Akhirnya mereka menyita gadget tersebut dan tidak mengembalikkannya kepada saya sampai saya merubah perilaku buruk saya tersebut dan dapat mengontrol perilaku saya.
        Awalnya saya sangat tidak terima dan marah kepada mereka karena barang yang mereka hadiahkan untuk saya harus disita. Tapi karena saya ingin barang tersebut dikembalikan kepada saya, saya pun merubah perilaku buruk saya tersebut dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi. Setelah lebih dari 4 bulan, barang tersebut pun akhirnya diberikan lagi kepada saya dengan syarat jika saya mengulangi perilaku tersebut sekali lagi, maka mereka akan menyitanya lagi dan saya tidak akan pernah menggunakan barang itu lagi sampai kapanpun.


Pembahasan :

       Berdasarkan pengalaman saya diatas, apa yang saya alami tersebut merupakan sebuah proses dimana konsekuensi yang harus saya dapatkan akibat menunjukkan suatu perilaku yang tidak diharapkan oleh orangtua saya. Berdasarkan teori Skinner, hal itu dapat dikatakan sebagai reinforcement negative yang merupakan sebuah konsekuensi dimana mengambil sesuatu yang saya senangi agar perilaku yang diinginkan oleh orangtua saya dapat muncul pada diri saya. Cara itu terbukti berhasil diterapkan kepada saya saat itu dan membuat perilaku yang diinginkan oleh orangtua saya dapat muncul.


Daftar Pustaka : Gredler, E. Margareth. (2011). Learning and Introduction : Teori dan Aplikasi. Jakarta : Kencana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

..