Senin, 22 Oktober 2012

Riview Jurnal yang Berhubungan dengan Pemrosesan Informasi

Untuk melihat JURNAL, disiniklik

Sumber yang saya dapatkan lebih memfokuskan pada memori jangka pendek. Maka dari itu saya mencoba untuk menambahkan mengenai "Representasi Pengetahuan dalam Memori Jangka Panjang."

        Berdasarkan sumber yang saya baca, input stimulus yang diterima dan digunakan oleh indera dan penrosesan kognitif adalah dalam bentuk sinyal fisik. Perlu diingat, sinyal-sinyal ini ditransformasikan melalui beberapa cara untuk disimpan di memori jangka panjang. Menurut satu pendapat, yakni model kode ganda (dual-code), informasi ini mungkin disimpan dalan bentuk verbal dan nonverbal (Paivio, 1971, 1983, 1986). Pendapat lainnya menyatakan bahwa informasi disimpan hanya dalam bentuk vebal (Anderson, 1983, 1990). Menurut perspektif verbal, pencitraan merupakan hal penting dalam pemrosesan informasi, tetapi representasi dasar dalam memori jangka panjang adalah verbal. Kedua bentuk representasi verbal adalah pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural.
         
          Model Kode Ganda
       Model kode ganda mendeskripsikan dua sistem, yang secara fungsional independen tetapi saling terkoneksi, untuk menyimpan dan memproses informasi. contohnya adalah "house". Istilah "house" sebagai tempat tingal seseorang akan disimpan dalam kode nonverbal. Namun "house" dalam kalimat "a house divided against itself cannot stand" akan dikodekan dalam bentuk verbal.       
        Menurut model ini, subjek memproses dua karakteristik untuk masing-masing hal konkret. Jika satu karakteristik tidak dapat diingat kembali, karakteristik lainnya diambil. Demikian juga bila unsur-unsur yang terpisah terintegrasi dalan suatu gambar yang tergabung, suatu isyarat khusus akan dapat mengaktifkan kembali keseluruhan representasi. Pengkritik model kode ganda mengatakan bahwa penyimpangan informasi dalam bentuk gambar akan melebihi kapasitas penyimpanan di otak. Hal ini juga akan membutuhkan "penerima" di dalam otak untuk "membaca"gambar (Pylyshyn, 1973). Meskipun demikian, Pylyshyn (2002) berpendapat bahwa penalaran dengan gambar menggunakan mekanisme yang sama dan bentuk representasi yang sama sebagai penalaran umum; hanya isinya yang berbeda. Misalnya, jika diminta untuk membayangkan lemparan bola ke udara, kita bisa dengan mudah membayangkan lintasan bola berbentuk kurva karena kita pernah ingat melihat bola melayang mengikuti bentuk lintasan semacam itu.

            Pengetahuan Deklaratif
    Istilah deklaratif merujuk pada informasi yang: (a)dapat didiskusikan atau dinyatakan /dideklarasikan, dan (b) bersifat deskriptif. Jaringan verbal terdiri dari noktah dan penghubung yang merepresentasikan pengetahuan deklaratif di dalam memori. Misalnya konsep "serigala" memiliki sifat "berbulu halus" dan"merupakan predato."

            Pengetahuan Prosedural
        Ini merupakan pengetahuan tentang cara melakukan tugas atau aktivitas tertentu, seperti memarkir mobil secara paralel. Pengetahuan prosedural mungkin mulai dari yang sederhana, seperti mengunci pintu, sampai ke aktivitas yang kompleks, seperti menggunakan software pengolahan kata. Menurut teoritisi, pengetahuan prosedural dikodekan dalam bentuk pasangan kondisi-tindakan yang merupakan pernyataan jika-maka (Anderson, 1993; Newell & Simon, 1972).


SUMBER : Gredler, Margaret. (2011). Learning and Instruction: Teori Aplikasi. Edisi keenam. Jakarta: Kencana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

..