Senin, 25 April 2011

PSIKOLOGI PENDIDIKAN dan PSIKOLOGI SEKOLAH

Psikologi pendidikan dan psikolog pendidikan

beberapa pengertian psikologi pendidikan menurut beberapa ahli ialah :

1.Arthur S. Reber (Syah, 1997 / hal. 12)
Psikologi pendidikan adalah sebuah subdisiplin ilmu psikologi yang berkaitan dengan teori dan masalah kependidikan yang berguna dalam hal-hal sebagai berikut :
a. Penerapan prinsip-prinsip belajar dalam kelas
b. Pengembangan dan pembaharuan kurikulum
c. Ujian dan evaluasi bakat dan kemampuan
d. Sosialisasi proses-proses dan interaksi proses-proses tersebut dengan pendayagunaan ranah kognitif
e. Penyenggaraan pendidikan keguruan

2.Barlow (Syah, 1997 / hal. 12)
Psikologi pendidikan adalah ...... a body of knowledge grounded in psychological research which provides a repertoire of resource to aid you in functioning more effectively in teaching learning process.
Psikologi pendidikan adalah sebuah pengetahuan berdasarkan riset psikologis yang menyediakan serangkaian sumber-sumber untuk membantu anda melaksanakan tugas-tugas seorang guru dalam proses belajar mengajar secara efektif.

3.Tardif (Syah, 1997 / hal. 13)

Psikologi pendidikan adalah sebuah bidang studi yang berhubungan dengan penerapan pengetahuan tentang perilaku manusia untuk usaha-usaha kependidikan.

4.Witherington (Buchori dalam Syah, 1997 / hal. 13)
Psikologi pendidikan sebagai “ A systematic study of process and factors involved in the education of human being.
Psikologi pendidikan adalah studi sistematis tentang proses-proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan manusia.





Pendidikan psikolog mengatasi masalah yang dihadapi oleh orang-orang muda di bidang pendidikan, yang mungkin melibatkan kesulitan belajar dan masalah-masalah sosial atau emosional.
Mereka melakukan berbagai tugas dengan tujuan untuk meningkatkan anak-anak belajar dan memungkinkan guru untuk menjadi lebih sadar akan faktor-faktor sosial yang mempengaruhi belajar dan mengajar.
Laporan dapat ditulis tentang anak-anak untuk alokasi tempat pendidikan khusus, atau sebagai bagian dari proses pengadilan atau panel anak-anak.
otoritas pendidikan lokal menggunakan mayoritas psikolog pendidikan, yang bekerja di sekolah-sekolah, perguruan tinggi, pembibitan dan unit khusus, terutama dengan guru dan orang tua.
Mereka secara teratur liase dengan profesional lainnya dari departemen pendidikan, kesehatan dan pelayanan sosial.
Sebuah karya semakin banyak sebagai konsultan independen atau swasta.
Pekerjaan seorang psikolog pendidikan baik bisa langsung dengan anak (menilai kemajuan, memberikan konseling) atau tidak langsung (melalui pekerjaan mereka dengan orangtua, guru dan profesional lainnya).
bekerja langsung melibatkan beberapa bentuk penilaian untuk mengungkap masalah melalui konsultasi dengan rekan-rekan profesional, observasi, wawancara, atau penggunaan bahan uji.
Intervensi dapat merencanakan program belajar dan bekerja kolaboratif dengan seorang guru.
Rekomendasi tersebut kemudian dilakukan untuk menentukan ketentuan pendidikan yang paling sesuai untuk anak-anak mengalami kesulitan pendidikan.
bekerja tidak langsung membutuhkan konsultasi dan diskusi hati-hati, sebagai kontribusi psikolog kebutuhan untuk dilihat sebagai relevan bagi orang-orang yang mengetahui sedikit tentang psikologi.
Dalam peran mereka dalam otoritas lokal, psikolog pendidikan sering diminta untuk memberikan saran atau bergabung bekerja / kelompok konsultasi tentang masalah yang bersangkutan dengan organisasi dan perencanaan kebijakan.
Dengan latar belakang penelitian mereka mereka berada dalam posisi ideal dan sering unik dalam otoritas pendidikan untuk merencanakan dan melaksanakan kegiatan penelitian.


Psikologi sekolah dan psikolog sekolah
psikolog Sekolah membantu anak-anak dan remaja berhasil secara akademis, sosial, perilaku, dan emosional.
Mereka berkolaborasi dengan pendidik, orang tua, dan profesional lainnya untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, sehat, dan mendukung yang memperkuat hubungan antara rumah, sekolah, dan masyarakat untuk semua siswa. 
Sekolah psikolog sangat terlatih baik dalam psikologi dan pendidikan, menyelesaikan minimal program sarjana tingkat spesialis (jam pascasarjana minimal 60 semester) yang meliputi diawasi magang selama setahun. 
Pelatihan ini menekankan persiapan dalam kesehatan mental dan intervensi pendidikan, perkembangan anak, pembelajaran, perilaku, motivasi, kurikulum dan pengajaran, penilaian, konsultasi, kolaborasi, hukum sekolah, dan sistem. 
psikolog sekolah harus disertifikasi dan / atau lisensi oleh negara di mana mereka bekerja. Mereka mungkin juga nasional disertifikasi oleh Psikologi Sekolah Nasional Badan Sertifikasi (NSPCB). Asosiasi Psikolog Sekolah Nasional menetapkan standar etika dan pelatihan untuk praktek dan pelayanan. 

daftar pustaka :
www;google.com
http://www.google.co.id/search?um=1&hl=id&client=firefox-a&rls=org.mozilla%3Aen-US%3Aofficial&channel=s&biw=910&bih=569&site=search&tbm=isch&sa=1&q=psikolog+pendidikan&aq=f&aqi=&aql=&oq=





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

..